Bupati Pati Pantau Vaksinasi PMK di Wilayah Kecamatan Pucakwangi
Selasa, 28 Juni 2022

Rabu, 29 Jun 2022 | 09:20:08 WIB - Oleh Administrator


Bupati Pati Haryanto didampingi Kepala Dispertan Pati, Ir. Nikentri Meiningrum, M.Si, memantau pelaksanaan vaksinasi penyakit kuku dan mulut (PMK) perdana untuk hewan ternak khususnya sapi di wilayah kecamatan Pucakwangi. Peternakan sapi yang dikunjungi berada di desa Pucakwangi, Plosorejo dan Karangrejolor.

Bupati menyampaikan bahwa vaksinasi ini merupakan langkah cepat yang dilakukan pemerintah daerah untuk mengatasi wabah PMK di Kabupaten Pati. Sebelumnya, pemerintah daerah sudah berusaha menekan penularan PMK ini. Bupati menegaskan bahwa penanganan wabah PMK ini hampir sama dengan penanganan wabah Covid-19, sehingga petugas kesehatan yang bertugas diharuskan benar-benar steril dan terlindungi.

Pati sudah menerima bantuan 4.000 dosis vaksin dari pemerintah pusat, dan 1.000 diantaranya dialokasikan untuk Kecamatan Pucakwangi, dan sudah diberikan untuk ternak sapi di desa Mencon, Kletek, Terteg, dan Sitimulyo. Karena keterbatasan dosis ini, Bupati mengingatkan bahwa yang akan divaksin adalah sapi yang benar-benar sehat.

Pada akhirnya, Bupati berpesan kepada Camat dan seluruh Kepala Desa agar bisa mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak perlu resah atau khawatir yang berlebihan untuk mengkonsumsi daging sapi, dan para peternak tidak usah khawatir karena risiko kematiannya kecil sehingga tidak perlu terpancing hoax dan menjual sapi-sapinya dengan harga murah.